Home / Tips&Trick / Motor / Tidak Boleh Menempelkan Jari Di Tuas Rem Motor Saat Melaju. Kenapa?

Tidak Boleh Menempelkan Jari Di Tuas Rem Motor Saat Melaju. Kenapa?

Hai Sahabat Otowire kali ini kita akan membahas kenapa sih kita tidak boleh menempelkan jari di tuas rem depan saat mengendarai motor? Padahal masyarakat Indonesia sering melakukan seperti gambar di bawah ini loh guys:

Pada setiap kendaraan, lampu adalah salah satu alat komunikasi dimana warna lampu memiliki maksud dan arti tersendiri. Lampu sein warnanya kuning artinya adalah peringatan, sedangkan lampu rem atau lampu belakang yang berwarna merah artinya bahaya karena ada perlambatan laju kendaraan. Meski tampak remeh ternyata fitur tersebut sangatlah penting dalam berkendara. Tapi sayang, tidak banyak pengendara yang benar-benar peduli dan memahami hal tersebut.

Kita ambil salah satu contoh, Pembalap MotoGp pun tidak pernah mengendarai menempelkan jari di tuas Rem Motor Saat Melaju.

Tapi secara sadar atau tidak kadang kebiasaan menempelkan jari ke tuas rem saat motor tengah melaju sering kita lakukan. Jika kita melakukan hal itu maka pengendara dibelakang jadi tidak tahu apakah benar kendaraan didepan melakukan perlambatan atau tidak. Ini yang harus diingat bahwa, ketika jari kita berada di tuas rem, itu lampu belakang (rem) menyala juga.

Otowire mengingatkan kepada pengendara motor agar menghilangkan kebiasaan tersebut. Karena ditakutkan hal itu malah akan membahayakan diri sendiri dan juga orang lain. Satu lagi, selain itu juga kalau tangan terus menempel di tuas rem tentunya kampas rem juga akan cepat habis dan jika ada gerakan reflek maka akan mengakibatkan motor slip dan jatuh. Misalkan kalian sedang bengong atau tiba-tiba fokus mengendara hilang, lalu seketika melihat seperti lobang atau orang nyebrang, otomatis dalam alam bawah sadarnya dia bakal mencet (tekan-Red) rem karena sudah disentuh sehingga rem tertekan penuh yang mengakibatkan ban mengunci.

Semoga informasi ini bermafaat bagi para pengendara motor semua. Keep Safety Driving Guys…

About Agung Setiono

Check Also

Bahaya Mencuci Motor Saat Kondisi Mesin Panas…!!

Sahabat Otowire taukah kalian bahayanya mencuci motor saat mesin dalam keadaan masih panas. Naaaaah… Kali …

One comment

  1. semua nya tergantung min. dari kondisi jalan sma cara berkendara rider. jalan raya kan beda sma sirkuit.. tapi kalo gw sih emang biasa jarang nempelin jari , ap lagi kalo lagi ngebut. serasa rider moto gp min, ampe nunduk2. khkhkh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *