Home / Berita / Aturan MotoGP 2018 Winglet Tetap Dilarang. Team Menyiasati Dengan Cara Ini

Aturan MotoGP 2018 Winglet Tetap Dilarang. Team Menyiasati Dengan Cara Ini

Penggunaan winglet ini memang diawali oleh Ducati Corse di 2016. Dengan tambahan komponen tersebut, kecepatan motor yang ditunggangi Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone ketika itu memang lebih stabil. Namun, penggunaan winglet ini langsung mendapatkan protes keras dari pihak penyelenggara MotoGP. Direktur Teknis MotoGP, Danny Aldridge menilai, jika penggunaan winglet dapat membahayakan keselamatan pada riders.

Melihat keputusan tersebut, Para team riders tetap berupaya untuk menggunakan winglet tambahan tersebut. Pasalnya, penggunaan komponen ini dipercaya mampu meningkatkan kestabilan dan aerodinamis motor.

Berikut Deretan Winglet Motor MotoGP Sepang 2018.

Sejak tanggal 28-30 Januari kemarin, sederet tim MotoGP beserta pembalap test dan reguler mulai menyiapkan motor mereka di sesi tes resmi. Di sesi ini, banyak hal yang bersifat eksperimental untuk memperbaiki catatan waktu.

Salah satu komponen yang diuji adalah fairing dan motor. Ada sederet motor yang coba tampil ‘antimainstream’ untuk menguji peranti aerodinamika mereka.

Hasilnya, tampang motor menjadi aneh secara estetika. Tapi sama seperti winglet, yakni untuk menambah gaya dorong ke bawah, atau downforce. Lalu seperti apa nyelenehnya desain fairing baru tersebut? Yuk tengok.

Tim MotoGP YAMAHA

Tim MotoGP Suzuki

Suzuki GSX-RR tahun 2016 ini yang mengandalkan winglet model ‘kumis’, alias The Moustache. Tapi ini memang motor versi 2018 yang tengah diuji oleh Andrea Iannone.

 

Tim MotoGP Aprilia

 

 

Tim MotoGP Honda

Honda coba mengaplikasi desain fairing yang sangat radikal. Dengan bentuk winglet yang mirip Ducati.

Menurut Marc Marquez. Penggunaan fairing ini adalah untuk menghilangkan wheelie dengan menambah downforce. Memang hal ini membuat top speed sedikit berkurang. Tapi stabilitas pengereman menjadi baik, sayangnya ketika masuk tikungan, motornya jadi berat.

Well, perhelatan MotoGP tahun ini tentunya akan sangat kompetitif dan kita akan disuguhi bentuk bentuk motor-motor yang unik. Tentunya hal ini juga akan berimbas kepada assesoris motor yang mengikuti gaya MotoGP ini. Jadi tidak sabar menunggu perhelatan MotoGP nih…!!

 

About Agung Setiono

Check Also

Honda Supercub Terbaru Meluncur Di Indonesia

Heeeey heeey Sahabat Otowire taukah kalian sebuah motor dari Honda meluncurkan produk zaman jepang loh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *