Home / Klinik / Mesin Cepat Panas Menggunakan Bensin Oktan Tinggi

Mesin Cepat Panas Menggunakan Bensin Oktan Tinggi

Banyak sekali informasi bagi para masyarakat awam yang belum tahu soal bahan bakar beroktan tinggi. Salah satu contohnya mitos bahan bakar keluaran Pertamina seperti Pertamax dan Pertamax Plus yang konon bisa membuat tangki cepat keropos, karburator banyak endapan seperti ampas kopi, serta jalur bahan bakar jadi cepat kotor kemerahan.

Yang sering dibicarakan bahwa mitos bahan bakar beroktan tinggi bisa membuat tanki keropos dan mesin jadi cepat panas. Benarkah demikian? Mari kita ulas sebenarnya.

Terdapat anggapan di masyarakat bahwa Pertamax atau Pertamax Plus bisa menggerogoti tanki bensin, ini salah. Sebab dengan oktan lebih tinggi, Pertamax punya daya menangkap kandungan air di udara lebih tinggi dibanding bahan bakar jenis Premium sehingga kedap udara.

Jadi kalau pakai Pertamax atau Pertamax Plus dan tangki sering tidak kedap udara, baru ada kemungkinan tangki keropos. Tapi biasanya motor tipe sport lebih cepat keropos. Sebab tutup tangki motor jenis ini modelnya terbuka di atas. Jadi, kemungkinan air hujan atau akibat mencuci bikin rembes, lebih besar dari bebek atau skuter,” dilansir situs resmi Honda.

Kemudian muncul juga kesan kalau menggunakan Pertamax atau Pertamax Plus mesin jadi cepat panas. Terkait hal ini, dia mengacu pada sistem kerja mesin. Power yang dihasilkan mesin adalah konversi dari energi panas bahan bakar jadi energi gerak. Semakin besar ledakan dari pembakaran, energi gerak atau power mesin jadi besar. Jadi memang ada korelasinya dengan pembakaran yang sempurna dengan suhu mesin, namun memang peruntukan Pertamax dan Pertamax Plus adalah untuk mesin dengan kompresi tinggi yaitu campuran yang miskin bbm sehingga diperoleh keadaan irit namun akselerasi terjaga. Jika kendaraan kamu kompressinya rendah memang penggunaan Pertamax atau Pertamax Plus akan membuat mesin panas tapi diganti dengan kenyamanan lainnya seperti akselerasi yang bagus, irit dan ruang pembakaran menjadi bersih.

Naaah gimana sudah mengerti kan ? Semoga dengan informasi ini kalian jangan menyalahkan bahan bakar yang beroktan tinggi yah.. Semoga bermanfaat ..

 

About Agung Setiono

Check Also

Kenali Penyebab Rem Cakram Motor Mengeras

Haaaii.. Sahabat Otowire disini kami akan sedikit bercerita tentang penyebab dari rem motor yang mengeras …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *