Home / Tips&Trick / Motor / Tips Agar Kanvas Kopling Motor Awet

Tips Agar Kanvas Kopling Motor Awet

Sahabat Otowire, banyak berbagai merk motor yang menggunakan tuas kopling. disini kita berbagi pengalaman apakah motor kalian yang menggunakan tuas kopling sering sekali bermaslah seperti…” Slip saat melakukan akselerasi untuk mendahului kendaraan atau kurang bertenaga saat menanjak, atau mungkin saat kondisi lalulintas sedang padat meskipun tuas kopling di cengkram motor anda masih tetap berjalan…” hal ini tentu tidak nyaman bagi anda bukan…? Solusi dari masalah ini mungkin dapat membantu kalian agar kanvas kopling motor anda tetap awet.

Yang Perlu anda perhatikan sebagai berikut :

Pertama Atur jarak kopling pada motor anda, jarak kopling dengan cara menyetel mur penyetel bagian atas dengan memutar ke kiri (berlawanan arah jarum jam) atau dengan cara menyetel mur penyetel bagian bawah dengan memutar ke kanan  (searah jarum jam) dan ukur jarak main handle koplingnya sekitar 10–20 mm.

Kedua Jangan lakukan penyetelan handle kopling terlalu renggang atau terlalu rapat karena efeknya jika terlalu rapat akan berakibat kanvas kopling cepat selip dan jika terlalu renggang akan susah pindah gigi ke posisi netral akibat kopling tidak menekan/bekerja saat lepas tuas kopling atau sebaliknya.

Agar kanvas kopling awet saat berkendara yang perlu anda ketahui adalah :

  • Saat berkendara menggunakan motor kopling tidak dianjurkan untuk main jarak setengah kopling terlebih ketika melintasi tanjakan dalam kondisi lalulintas padat atau macet dengan tujuan agar motor tidak mundur atau mesin tidak mati. Hal seperti ini cara yang salah…!!! Solusi seperti ini anda dapat menginjak rem belakang saja anda tak perlu takut motor akan mundur yang terpenting anda tidak panik agar dapat mengontrol pijakan Rem belakang secara maksimal
  • Saat di lampu merah disarankan tidak menekan handle kopling, tapi posisikan gigi dalam keadaan Netral. Hal ini agar kanvas kopling tidak aus karna gigi dalam posisi siap jalan, maka dari itu posisi gigi harus netral atau kosong.
  • Lakukan penggantian oli, secara periodik. Karena kinerja kopling akan berkurang saat kualitas oli sudah menurun, artinya jika oli yang jarang diganti bisa membuat gesekan yang lebih kasar yang bisa mengakibatkan kanvas mudah terkikis.

Demikian sedikit ulasan dari kami untuk info lebih lanjut anda dapat langsung untuk datang ke bengkel resmi terdekat. Stay safety riding..

 

About Agung Setiono

Check Also

Bahaya Mencuci Motor Saat Kondisi Mesin Panas…!!

Sahabat Otowire taukah kalian bahayanya mencuci motor saat mesin dalam keadaan masih panas. Naaaaah… Kali …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *