Home / Tips&Trick / Mobil / Review Plus-Minus Menggunakan Ban Berisi Nitrogen Saat Mudik.

Review Plus-Minus Menggunakan Ban Berisi Nitrogen Saat Mudik.

Kali ini Otowire akan membahas Plus-Minus menggunakan ban berisi Nitrogen untuk perjalanan keluar kota. Hal ini sudah kami alami saat mudik tempo lalu dan akan kami share pengalaman menggunakan Nitrogen ini.

Isi tekanan angin ban kini tidak hanya menggunakan angin dari kompresor saja tetapi ada juga pilihan nitrogen. Ya’ Nitrogen sendiri dikatakan memiliki berbagai kelebihan. Apalagi untuk digunakan bepergian jarak jauh, keluar kota atau untuk mudik.

Kita bahas terlebih dahulu kelebihanya :

  • Rute kami menuju ke jawa tengah memang kebanyakan teman-teman menyarankan pakai nitrogen. Setelah kami mencoba rasanya lebih nyaman getaran ban tidak terlalu terasa saat melaju kecepetan tinggi
  • Saat manuver cukup enak dan terkendali, kami merasa memiliki kontrol yang total terhadap kendaraan kami.
  • BBM terasa irit, tarikan performa mesin terasa lebih ringan di banding angin biasa.

Saat diperjalanan Keluar dari exit Tol Pejagan memasuki Jalur Alternatif Pejagan-Prupuk Kami mengalami kempes Ban. Setelah kami mengganti menggunakan ban serep dan ternyata kami lupa bahwa isi dari ban serep adalah angin biasa, dan kami melanjutkan perjalanan disitu pula ketidak nyamanan pada mobil sungguh terasa dimana ada perbedaan tekanan angin pada ban.

Disini yang kami ingin menceritakan kekurangan dari ban yang berisi Nitrogen:

  • Saat kami menggunakan ban serep yang yang berisi angin biasa Mobil terasa pincang seakan roda yang berisi angin biasa tidak menapak ke aspal.
  • Kami mencari pengisian Nitrogen tidak di temui di daerah ini sebab pengisian Nitrogen hanya ada di Kota Kota besar Propinsi Jawa Tengah karena kami menggunakan jalur alternatif
  • Ketika melawati jalan yang bergelombang, Goncangan di dalam mobil sungguh terasa.

Hingga pada akhirnya kami memutuskan mencari tambal ban di daerah tersebut, setelah kami temui kami mengganti seluruh ban menggunakan angin biasa dengan tekanan yang sesuai barulah berkendara sedikit lebih baik. Harus diperhatikan juga dimana letak penggerak roda. Jika terletak di depan, maka ban depan diisi tekanan yang lebih besar begitupun sebaliknya.

Demikian sedikit cerita dari kami semoga bermanfaat bagi rekan semua khususnya yang akan menggunakan Nitrogen untuk perjalanan keluar kota.

 

 

About Agung Setiono

Check Also

Bahaya Mencuci Motor Saat Kondisi Mesin Panas…!!

Sahabat Otowire taukah kalian bahayanya mencuci motor saat mesin dalam keadaan masih panas. Naaaaah… Kali …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *