Home / Berita / Selamat Jalan Nicky Hayden, Rest In Peace.

Selamat Jalan Nicky Hayden, Rest In Peace.

Nicky Hayden, Sang Juara MotoGP 2006 telah meninggal akibat kecelakaan tragis di umurnya yang ke 35 tahun.

Nicky Hayden (1981-2017)

Dunia balap kembali kehilangan Pebalap, Sang Juara, Mr. Nice Guy, Kentucky Kid Nicky Hayden. Setelah berjuang untuk hidup namun dia menyerah juga dan pada tanggal 17 Mei 2017 di ruang ICU Cesena’s Maurizio Bufalini Hospital di Italia, Nicky hayden menghembuskan nafas terakhirnya.

Kecelakaan tragis itu telah merenggut nyawanya dan hal ini terjadi justru diluar dari sirkuit disaat dia sedang bersepeda di jalan raya. Sebuah mobil menabraknya dengan sangat keras sehingga akibat dari benturan keras tersebut di dada dan kepalanya mengalami luka dan pendarahan yang sangat serius. Dokter harus melakukan tindakan membuat koma dengan obat obatan untuk mencegah pembengkakan di otaknya melebar. Namun apa daya takdir jualah yang menjadi penutup kisah juara dunia MotoGP 2006 ini.

Mobil penabrak Nicky Hayden

Sepeda Nicky Hayden pada saat ditemukan.

Duka mendalam juga dirasakan Red Bull Honda World Superbike Team tempat dimana Nicky Hayden bernaung padahal Nicky Hayden baru saja menyelesaikan balapan WSBK di Imola dihari Minggu sebelumnya. Seluruh Pebalap baik Superbike maupun MotoGP berduka dengan menghiasi halaman halaman social media mereka dengan status penghormatan kepada mendiang Nicky Hayden.

Nicky hayden lahir di Owensboro, Kentucky di tahun 1981, ketika berumur 5 tahun dia mulai balapan dengan kakak kakanya yaitu Tommy dan Roger Lee Hayden di sirkuit track rumahnya di The Hayden property. Naik motor dan balapan motor adalah passion dan kegemarannya dimana dia memulainya dengan masuk ke MiniBike Racing lalu seri 125s dan masuk klub balap professional hingga AMA.

Di usia 16 tahun pada musim tahun 1997 dia masuk menjadi tim satelit di AMA 750 dan 600 Supersport Series dimana dia balapan di kelas tersebut. Nicky Hayden menjadi pebalap termuda di AMA 600 Supersport yang menjadi juara dan akhirnya di promosikan ke Factory Team di tahun 2000.

Nicky Hayden AMA Superbikes

Setelah finish di posisi kedua di klasemen pebalap AMA di tahun 2000 dia mengalami peningkatan prestasi dimana pada tahun 2002 dia menjuarai AMA Superbikes dan dinobatkan kembali menjadi pebalap termuda AMA yang menjadi juara di kelas Superbikes dan melengkapi juga dengan menjadi juara Daytona 200.

Setelah berhasil di Superbikes dia mulai menapaki karir di MotoGP bersama Team Repsol Honda dengan rekan satu team nya yaitu Valentino Rossi. Nicky Hayden menerima penghargaan sebagai Rookie of the Year karena prestasinya yang naik podium dua kali di musim perdananya di MotoGP. Puncak karirnya di MotoGP terjadi di tahun 2006 dimana dia menjadi Juara Dunia dengan memutus rantai kemenangan juara dunia beruntun dari Valentino Rossi.

Valentino Rossi dan Nicky Hayden

Karir MotoGP Nicky Hayden berakhir di tahun 2015 setelah dari tahun 2009-20013 melakoni balap dengan Team Ducati dan dari tahun 2014-2015 di Aspar Honda Team.

Di Tahun 2016 Nicky Hayden kembali ke Superbikes hingga akhir hayatnya di Red Bull Honda World Superbike Team. Nicky hayden adalah sosok yang sangat friendly dan diterima di semua kalangan, dia tidak memiliki seteru seperti halnya Valentino Rossi, Marc Marquez dan Jorge Lorenzo. Sikapnya yang ramah dan friendly tersebut menjadikan Nicky Hayden dijuluki Mr. Nice Guy.

Kiprahnya di Dunia Balap membuat kenangan yang manis dan menorehkan sejarah dalam Dunia Balap Motor. Selamat jalan Nicky Hayden, Rest in Peace.

About blackdevil39z

Check Also

Menanti kelahiran motor retro dari kawasaki

Buat kalian para penggemar motor ber-genre retro ada kabar baik dari Kawasaki Motor Indonesia. Line-Up …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *