Home / Klinik / Penyebab Hilang Tenaga Saat Ganti Busi, Pada Motor Matic

Penyebab Hilang Tenaga Saat Ganti Busi, Pada Motor Matic

Hai para pecinta Otomotif semuanya kali ini otowire akan membahas kenapa sih setelah mengganti busi dari busi racing ke busi standar pada sepeda motor matic tiba – tiba kurang bertenaga? apa kamu pernah mengalami yang sama seperti yang kita bahas kali ini. Yuuuk kita cari tau penyebabnya….

Disuatu pagi iseng iseng kami mendatangi salah satu bengkel resmi ternama kami bertemu salah satu mekanik bengkel tersebut, kebetulan mekanik ini sudah kenal betul dengan team kami sebut saja namanya Cakwe. Kita saling bercanda tawa sambil sesekali menyeruput kopi, otowire menanyakan ke beliau karena saat ini banyak orang yang senang menggunakan busi racing untuk penggunaan kendaraan harian (bukan kompetisi). Tentu saja karakter busi standard dan busi racing jauh berbeda. Hal ini mengakibatkan apabila pengguna busi racing kembali ke busi standard akan ada perbedaan performa dari kendaraannya.

Contoh : Busi Racing Pada Motor Matic

Dengan santai Cakwe sang Mekanik yang kami temui menjelaskan bahwa untuk kondisi  motor hilang tenaga, ada beberapa kemungkinan yang perlu diperhatikan di antaranya:

Yang pertama kita harus lakukan pemanasan awal pada saat motor hendak dijalankan ini agar busi dapat bekerja maksimal dalam ruang bakar pada mesin motor matic. Jika busi standart masih keadaan dingin ini menyebabkan perapian pada ruang bakar kurang maksimal seperti yang ditandai saat motor ingin dinyalakan mengeluarkan asap pada knalpot motor matic. Berbeda dengan busi racing karena busi racing sudah di rancang perapian yang maksimal jadi bisa langsung dinyalakan langsung digunakan.. josss..

Kedua Kebiasaan penggunaan motor yang kurang tepat pada Motor Matic agar mencapai  performa yang baik/maksimal perlakukan memutar grip gas harus dengan bertahap/diurut dan tidak dilakukan hentakan secara cepat/mendadak, dan ingat busi standart dirancang untuk pembakaran yang optimal bukan untuk balapan. ini juga berpengaruh pada ruang pembakaran pada mesin. Kalau pakai busi racing bisa langsung josss lagi.

Ketiga Lakukan pengecekan kondisi bahan-bakar untuk memastikan tidak terjadi kontaminasi. bahan bakar yang terkontaminasi ini yang di jelaskan bercampur dengan bahan bakar lain dengan kadar oktan yang berbeda-beda.

Begitulah tuturnya, jadi memang perlakuan antara busi racing dan busi standard memang berbeda, jadi jangan salah kaprah ya..

 

About Agung Setiono

Check Also

Kenali Penyebab Rem Cakram Motor Mengeras

Haaaii.. Sahabat Otowire disini kami akan sedikit bercerita tentang penyebab dari rem motor yang mengeras …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *