Home / Tips&Trick / Oli Kendaraan Sekarang Cenderung Lebih Encer

Oli Kendaraan Sekarang Cenderung Lebih Encer

Kendaraan bermotor yang diproduksi akhir-akhir ini direkomendasikan menggunakan pelumas yang lebih encer. Karena mesin kendaraan bermotor saat ini diproduksi dengan tingkat kepresisian dalam dapur pacu yang semakin rapat.

“Karena biasanya teknologi baru itu, tingkat kepresisiannya, makin rapat. Kalau dulu mungkin lebih longgar, sekarang makin rapat. Sehingga kita butuh pelumas yang makin encer yang bisa masuk celah-celah tersempit,jika menggunakan  oli yang kental, Oli enggak bisa masuk ke celah-celah yang kecil dalam mesin sehingga tidak efektif, efeknya mesin menjadi cepat panas, cepat rusak.

 

kabaroto

Banyak jenis kekentalan SAE yang dikenal seperti seperti SAE 40, SAE 10w, SAE 20w50, SAE 15w50, SAE 10w40, SAE 15w40 dan banyak lagi. Namun, bila dilihat dari kondisi iklim di Indonesia, performa mesin dan hasil pengujian, idealnya dapat dibagi menjadi 4 jenis yaitu SAE 20w50, SAE 10w40, SAE 15w40, dan SAE 15w50.

Selama ini mungkin para pengendara  hanya tahu kalau tingkat SAE itu Cuma membedakan encer dan kentalnya suatu oli mesin. Namun lebih dari itu, banyak hal yang perlu diketahui dibalik Arti Kode SAE Pada Oli Mesin Sepeda Motor ini. Dan berikut adalah Arti Kode SAE Pada Oli Mesin Sepeda Motor, yang dibagi menjadi 4 jenis SAE yang kita kenal di Indonesia, yaitu:

Kode SAE 20W-50

Oli jenis ini relatif paling kecil dinilai kurang baik buat mesin motor, utamanya terhadap stress di gear. ukuran kemampuan suatu oli mesin dalam menjaga kestabilan kekentalan oli mesin dalam rentang suhu dingan sampai tinggi. Semakin tinggi VI semakin baik kestabilan kekentalannya. untuk oli mobil akan sangat baik dimesin. Sedangkan untuk motor bisa sebaliknya.

SAE 15W-50

Jenis oli relatif sama dengan SAE 20W-50. Sedikit yang membedakan adalah sedikit lebih encer untuk motor hal ini sangat riskan.Aditif ini relatif sensitif digunakan untuk motor yang menyatukan oli mesin dan gigi

Kode SAE 10W-40

Jenis Oli yang relatif paling encer Apakah berarti paling bagus?Belum tentu! Kalaupun Anda ingin tetap memakai oli jenis ini, disarankan untuk memperhatikan jarak pergantian olinya lebih awal. Kalau Anda merasa suara mesin sdh agak berbeda sedikit saja, maka gantilah oli mesin sepeda motor Anda.

Kode SAE 15W-40

Hasil pengujian di motor sebenarnya menunjukkan oli jenis ini yang paling pas. Oli jenis ini relatif paling stabil kekentalannya dibandingkan yang lainnya. Masalhnya oli jens ini jarang diaplikasikan untuk motor. Biasanya jenis SAE ini, dipakai untuk kendaraan jenis mesin disel

Meski begitu, tak semua mobil harus menggunakan oli yang lebih encer. Kendaraan produksi lama dengan mesin yang tidak serapat mesin produksi baru tetap disarankan menggunakan oli yang lebih kental.

Itulah Cara Memahami Arti Kode SAE Pada Oli Mesin Sepeda Motor dan kendraan mobil anda pada kesempatan kali ini. Semoga informasi ini bermanfaat agar mesin kendaraan anda tetap kondisi prima

About Agung Setiono

Check Also

Bahaya Mencuci Motor Saat Kondisi Mesin Panas…!!

Sahabat Otowire taukah kalian bahayanya mencuci motor saat mesin dalam keadaan masih panas. Naaaaah… Kali …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *