Home / Tips&Trick / Dampak Gonta-ganti Merek dan Jenis Oli Mesin

Dampak Gonta-ganti Merek dan Jenis Oli Mesin

Sebagian Masyarakat khususnya bagi pengguna kendaraan Bermotor dan Mobil tidak sedikit mencoba-coba memilih pelumas yang tepat untuk kendaraannya dengan gonta-ganti merek dan jenis oli. Tapi, apakah aman mengganti-ganti merek dan jenis oli?

oli

Menurut Technical Specialist Gear, Hydraulic mengatakan, di dalam pelumas itu ada bahan utama yaitu base oil dan bahan aditif. Bahan aditif itu adalah bahan kimia yang bermacam-macam di dalam sebuah pelumas. Kalau misalnya kita mencampur dua pelumas, dengan brand yang berbeda, kemungkinan ada posibility chemical dari aditif yang tidak cocok. Sehingga dapat mengganggu keseimbangannya aditif tadi yang sudah bagus,”

img_20130802_074351

Akibatnya, itu bisa berdampak pada penurunan kualitas pelumas. “Bisa jadi salah satunya mungkin umur (pemakaian) pelumasnya berkurang. Kemudian bagian dalam mesin mnjadi kotor. Karena aditifnya sudah saling serang, saling melemahkan. Hingga pada akhirnya kinerja mesin menurun.

tidak disarankan mengganti-ganti merek dan jenis oli. Kalaupun mau mengganti oli dengan merek yang belum pernah digunakan sebelumnya, disarankan untuk menerapkan pembersihan oli secara total dengan langkah flushing.

Jadi semua pelumas yang kita pakai sebelumnya harus dibuang dulu

2359234ganti-oli-2780x390

Caranya, oli sebelumnya dikuras, kemudian masukkan pelumas pengganti, lalu hidupkan mesin, kemudian dibuang lagi pelumas pengganti tersebut.

ganti-oli-mesin-tiap-10-ribu-km

“Kalau mau perfect mungkin dua atau tiga kali flushing. Flushing itu hanya setengah sampai satu jam, cukup nyalakan mesinnya saja, enggak usah dijalankan. Tapi harus dipastikan pelumas yang existing (pelumas yang digunakan sebelumnya) harus benar-benar hilang dengan cara flushing tadi,”

jika tidak dilakukan flushing, yang dikhawatirkan saat mengganti pelumas dengan merek atau jenis baru adalah pelumas lama masih menempel di beberapa bagian. yang menjadi gear dalam mesin menjadi kotor

Jadi kalau kita mau awet, pakai saja satu brand, jangan ganti-ganti (brand oli). Terus diikuti periode
ganti olinya.

About Agung Setiono

Check Also

Waspada Airbag Mobil Bisa Mengembang Saat Melintas Jalan Berlubang

Dari semua kendaraan roda empat yang menggunakan teknologi Airbag perlu kita waspadai pasalnya Airbag tak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *