Home / Berita / Tarif Jalan Tol Baru Menjelang Mudik 2016 Di Pulau jawa

Tarif Jalan Tol Baru Menjelang Mudik 2016 Di Pulau jawa

Kegiatan arus mudik Lebaran yang terjadi setiap tahun selalu menyedot perhatian publik maupun pemerintah. Hal itu mengingat bahwa dalam arus mudik tersebut akan terjadi puncak mobilitas warga dari seluruh wilayah tanah air dengan segala implikasinya. Untuk itu di tahun 2016 ini banyak dibangun jalan tol baru untuk mengakomodasi arus mudik Lebaran.

Kinerja pemerintah dalam melayani warganya, khususnya dalam bidang transportasi juga dapat dilihat dari sejauh mana kemampuannya menyediakan sarana mudik secara aman, nyaman, dan selamat. Dengan kata lain, keberhasilan Pemerintah dalam menyelenggarakan angkutan Lebaran dapat menjadi indikator keberhasilan program pembangunan sektor transportasi, khususnya untuk jalan tol baru.

Berkaitan dengan penyediaan sarana mudik, tahun ini pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPERA), tahun ini telah membuka beberapa jalur tol baru yang dapat dijadikan jalur alternatif baru ketika melaksanakan mudik. Berikut penjelasan lengkapnya :

Peta Jalur Lebaran Pulau Jawa

peta-jalur-lebaran-pulau-jawa

Tol Pejagan-Brebes Timur

Tahun ini pemerintah sudah secara resmi membuka tol Pejagan-Brebes Timur, tol baru yang menghubungkan Pejagan dan Brebes ini memiliki panjang 20,2 km. Tol ini merupakan bagian dari pembangunan tol Pejangan-Pemalang. Keberadaan Jalan tol ini juga dapat mempersingkat waktu tempuh perjalanan dari Jakarta menuju Brebes, jika biasanya memakan waktu 8 jam kini hanya 4 jam. Dengan adanya jalur tol ini pengguna jalan dari Jakarta tidak perlu melewati jalur Pantura setelah keluar dari tol Kanci, karena bisa langsung menyambung tol Pejagan-Brebes Timur.

Tarif tol Pejagan Brebes Timur : gratis

Tol Surabaya-Mojokerto  Seksi IV

Bagi Anda yang ingin mudik Lebaran ke Jawa Timur, perjalanan pulang kampung Anda akan semakin cepat dengan diresmikannya tol Surabaya-Mojokerto Seksi IV (Krian-Kota Mojokerto), setelah diresmikan Maret 2016 lalu, tol ini sudah dipastikan dapat digunakan saat musim mudik 2016 ini. Tol baru ini memiliki panjang 18,47 kilometer  menghubungkan Krian (Sidoarjo) dan Mojokerto.

Tarif tol Surabaya Mojokerto Seksi 4: Rp 15.500 (golongan I)

Tol Bawen-Salatiga

Kendati belum 100 persen rampung, tol Bawen-Salatiga menjelang Lebaran 2016 direncanakan akan tetap dibuka oleh para pemudik, tol yang memiliki panjang 17,57 km ini dapat menghubungkan Bawen (Semarang) dan Salatiga. Tol ini pun rencananya akan mempunyai dua pintu tol yang bisa langsung mengarah ke pusat kota Salatiga yakni, kecamatan Tingkir dan Sidorejo. Dengan menggunakan tol baru untuk mudik ini, maka akan mempersingkat waktu tempuh perjalanan mudik dari Semarang menuju Salatiga yang tadinya memakan waktu hingga satu jam lamanya sekarang hanya 30 menit.

Tarif tol Bawen Salatiga : gratis

Tol Solo-Kertosono

Sebenarnya tol yang menghubungkan antara Solo-Kertosono belum selesai di bangun, namun untuk mengurai kemacetan saat arus mudik nanti, pemerintah akan membuka tol ini dengan jalur Solo hingga Sragen. Rencananya jalan tol ini bisa dilalui dari ruas jalan di Kabupaten Boyolali sampai Kabupaten Sragen. Namun sayangnya, jalur tol baru untuk mudik ini tidak dibuka setiap saat, hanya dibuka mulai dari H-7 hingga H+7 Lebaran.

Tarif tol Solo Kertosono: gratis

Tol Gempol-Pasuruan Seksi I (Gempol-Rembang)

Tol Gempol-Pasuran merupakan jalur bebas hambatan yang menghubungkan antara Gempol dan Kota Pasuruan. Sebenarnya tol ini belum rampung dikerjakan, baru menyelesaikan seksi I yang menghubungkan Gempol hingga Rembang. Saat arus mudik 2016 nanti, rencananya tol ini akan dibuka bagi pemudik yang ingin menuju Jawa Timur.

Tarif tol Gempol Pasuruan Seksi 1 (Gempol Rembang) : gratis

 

1612374cikopali2780x390

Walaupun sudah diresmikan tahun lalu, tol Cikopo-Palimanan (Cipali) ini diperkirakan akan menjadi jalur tol yang akan banyak digunakan oleh pemudik tahun ini, pasalnya tol baru yang membentang sepanjang 116,75 ini merupakan tol yang menghubungkan tol Jakarta –Cikampek dan tol Palimanan-Kanci. Tol ini juga melawati 5 kabupaten yakni Purwakarta, Subang, Indramayu, Majalengka dan Cirebon.

Tarif tol Cikopo Palimanan:

  • Keluar di Kalijati Rp 36.000 (golongan I)
  • Keluar di Subang Rp 45.000 (golongan I)
  • Keluar di Cikedung Rp 68.500 (golongan I)
  • Keluar di Kertajati Rp 84.000 (golongan I)
  • Keluar di Sumber Jaya Rp 97.500 (golongan I)
  • Keluar di Palimanan Rp 109.500(golongan I)

Demikian beberapa tol baru untuk mudik 2016. Semoga selamat sampai di tempat tujuan!

About Agung Setiono

Check Also

Penantang Baru Yamaha XMax Honda Forza 250

Hai sahabat Otowire kita kembali membahas Skutik bongsor yang di luncurkan PT Astra Honda Motor …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *