Home / Tips&Trick / Mobil / Berkendara Yang Aman Saat Mudik Tahunan

Berkendara Yang Aman Saat Mudik Tahunan

Tidak terasa kita sudah memasuki bulan puasa, yang tentu tidak lepas dari tradisi mudik tahunan. Beragam transportasi yang digunakan oleh masyarakat untuk menjalani tradisi ini, salah satunya menggunakan kendaraan pribadi. Setiap orang tentu akan memiliki rute tersendiri, dengan jarak tempuh bervariasi. Oleh karena itu, sangat penting untuk beristirahat dengan cukup selama melakukan perjalanan. Rasa lelah akan meningkatkan resiko kecelakaan, karena Anda kurang sigap terhadap situasi di sekitar dalam perjalanan anda.

10526107_10201597626141138_2069384346560581519_n

gejala kelelahan awal adalah Anda akan merasakan kesulitan untuk fokus saat mengemudi, tidak nyaman, seringkali menguap, serta menggaruk mata. Lalu tanpa disadari pikiran Anda akan melayang, mobil mulai tidak stabil, kecepatan mulai menurun, dan Anda tidak dapat mengingat apa yang terjadi beberapa saat lalu. Jika hal tersebut terjadi, Anda harus berhenti secepatnya, dan beristirahat. Tidur sekejap, atau minum kafein mungkin menjadi solusi sementara. Namun, tidak bisa menggantikan istirahat yang layak.

WL0phDnzvj

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, tidurlah yang cukup sebelum memulai perjalanan, rencanakan perjalanan sematang mungkin, hindari berkendara jarak jauh sendirian, istirahat selama 15 menit setelah berkendara sejauh 160 km atau dua jam, dan jangan paksakan berkendara saat malam jika tidak terbiasa. semoga dengan adanya onformasi ini anda dapat lebih Waspada lagi dalam melakukan perjlanan Mudik tahun ini.

Dan tak lupa Kami berikan beberapa petunjuk agar Mudik anda menjadi lebih nyaman dan Aman.

Berkendara aman saat mudik lebaran yang kami rasa layak menjadi referensi. Tidak hanya menekankan perilaku berkendara mobil yang pintar dan aman, dan beberapa petunjuk ini menjabarkan bagaimana berkendara mudik yang hemat bahan bakar.

Perawatan_Sabuk_pengaman-01

Selalu kenakan sabuk pengaman saat berkendara. Sabuk pengaman seharusnya dipakai semua orang yang ada di kabin mobil tanpa terkecuali. Fitur ini berfungsi sebagai penahan tubuh pengemudi/penumpang manakala terjadi benturan pada kendaraan. Gunakan dengan cara menyilangkan pada tulang pinggul dan tulang bahu, sebagai tulang yang kokoh di tubuh. Atur ketinggian sabuk pengaman agar sesuai dengan kondisi pengguna.

 

kaca-spion

Sesuaikan kaca spion samping dan belakang untuk mendapatkan pandangan yang jelas. Posisi kaca spion yang tepat bagi pengendara sangat banyak manfaatnya terutama untuk mengontrol posisi kendaraan kita terhadap kendaraan lain. Dalam pandangan pengemudi, posisi kaca spion samping harus dapat memperlihatkan sisi samping kendaraan dan situasi jalanan di dekatnya.

14195653074774895

Mengemudi dengan tenang, antisipasi situasi lalu lintas. Pengemudi yang defensif mampu mengantisipasi situasi jalan demi keselamatan dirinya dan orang lain. Sikapnya akan selalu memperhatikan kepentingan orang lain, berbaik hati, tenang, dan memiliki tanggung jawab. Kuncinya ialah kesadaran, kewaspadaan, sikap mental, dan reaksi.

pic7-inside-Ikuti 10 petunjuk ini, niscaya mudik anda bahagia

Tetap fokus atau berkonsentrasi saat berkendara. Kurangnya konsentrasi saat mengemudi dapat mencelakai diri sendiri dan orang lain. Abaikan gangguan yang kerap menggangu konsentrasi seperti percakapan dari penumpang, suara radio dan TV, aktifitas telepon (panggilan, sms, dan chatting). Untuk hal yang terakhir yaitu penggunaan ponsel saat berkendara, dianggap lebih berbahaya dibanding berkendara dalam pengaruh alkohol

 

TIPS_Mengemudi_mobil_jarak_jauh

Sesuaikan pemindahaan gigi yang ideal. Berkendaralah dengan kecepatan mesin di rentang ideal 1.500-2.500 rpm untuk mendapatkan torsi yang optimal dan efisien. Melajulah secara konstan dengan menginjak gas secara lembut. Hindari akselerasi dan pengereman yang berlebih. Positifnya, kemajuan teknologi sudah mendesain agar kendaraan melaju di putaran mesin rendah sehihingga irit BBM dan mengurangi emisi.

timthumb.php

Hindari membawa beban berlebihan. Jangan membebani kendaraan dengan benda-benda yang tidak diperlukan seperti sound system berlebih, roof racks dan aksesoris yang tak perlu. Jika mendesak, gunakan kecepatan rendah bila sedang membawa barang dengan roof racks.

1_53b10ab1e1f2853b10ab1e1f75

Perhatikan tekanan angin ban dan kondisi alur ban. Periksalah tekanan pada saat ban dalam kondisi dingin. Tekanan yang berlebih akan menyebabkan keausan ban tidak rata, sedangkan tekanan yang kurang dapat menyebabkan ban rusak hingga pecah yang tak jarang berujung pada kecelakaan fatal. Pastikan pula alur ban masih dalam kondisi layak untuk digunakan.

mengganti kampas rem mobil

Dan yang terpenting dalam mudik tahunan adalah pada sitem pengereman dalam kendaraan anda segara cek ke bengkel terdekat apablia rem kendaraan anda tidak berkerja secara maksimal karena hampir semua orang merayakannya dengan tradisi pulang kampung. Bagi beberapa pemudik yang memiliki kendaraan pribadi seperti mobil, hal yang patut diperhatikan adalah kapasitas rem kendaraan anda.

About Agung Setiono

Check Also

Bahaya Mencuci Motor Saat Kondisi Mesin Panas…!!

Sahabat Otowire taukah kalian bahayanya mencuci motor saat mesin dalam keadaan masih panas. Naaaaah… Kali …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *