Home / Berita / Mengulas Interior Toyota Sienta

Mengulas Interior Toyota Sienta

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Toyota Sienta yang diklaim salah satu model terfavorit di Jepang akhirnya diluncurkan pada IIMS 2016, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

sienta

Sienta yang dipasarkan Toyota merupakan generasi kedua, dimana generasi pertamanya hanya dipasarkan di Jepang. MPV tujuh penumpang ini diakui pihak Toyota sengaja dikembangkan, didesain sesuai karakter konsumen Indonesia untuk head to head dengan honda freed. Selain itu, Indonesia juga menjadi negara kedua yang ditunjuk memproduksi Sienta setelah Jepang.

Tapi, apa sebenarnya arti nama Sienta itu sendiri?

President Director PT Toyota Astra Motor (TAM), menjelaskan, Sienta merupakan kombinasi dari bahasa Spanyol “siete” yang artinya tujuh dan kata dalam bahasa Inggris-nya “entertain” atau hiburan.

“Sienta adalah kendaraan multi activity Toyota, di mana multi activity vehicle adalah sebuah konsep baru dari kendaraan Toyota. Toyota membuka pintu bagi pelanggan Toyota ke berbagai aktivitas hidup dengan fungsionalitas yang baik,”

Secara keseluruhan, Sienta yang dibuat berdasarkan permintaan masyarakat Indonesia ini memiliki dimensi panjang 4.235mm, lebar 1.695mm, tinggi 1.695mm, dan jarak sumbu roda (wheekbase) 2.750mm.

Untuk Perbandingan saja

komparasi sienta

Toyota Sienta versi Indonesia dengan Jepang memang dibuat berbeda.

Pertama dari segi pilihan transmisi, di tanah air tersedia dua tipe, yakni manual 6-percepatan dan continuously variable transmission (CVT) 7-percepatan, sedangkan di negara asalnya hanya CVT saja. Perbedaan itu otomatis juga menjadikan letak tuas transmisi di kabin berbeda. Versi Jepang diletakan di dasbor, sedangkan di Indonesia di bawah atau lebih tepatnya di antara jok pengemudi dan penumpang depan, jadi membuat bagian depan menjadi sempit.

Harga dan Spesifikasi Toyota Sienta di Indonesia 2016

Tidak berhenti sampai disitu, ruang sempit lain juga ditemukan pada jok baris ketiga. Setelah mencoba duduk, untuk ukuran tinggi badan 178 cm, jarak lutut ke depannya (legroom) mentok dengan belakang jok baris kedua.

Sienta_3-750x469

Duduk semakin tidak nyaman, karena kaki harus mengangkat atau tidak bisa menempel ke bawah, sebab lantainya dibuat sedikit mengembung. Saat mencobanya, semua diatur standar, artinya posisi jok tengah diatur sesuai dengan aslinya.

Kesimpulannya adalah, jok baris ketiga Toyota Sienta ini hanya cocok untuk anak kecil atau penumpang yang punya tinggi badan di bawah 150 cm. Lebih dari itu, Anda tidak akan merasakan kenyamanan, apalagi jika pergi dengan perjalanan lebih dari 30 menit.

Demikian ulasan singkat kami semoga bermanfaat.

About Agung Setiono

Check Also

Penantang Baru Yamaha XMax Honda Forza 250

Hai sahabat Otowire kita kembali membahas Skutik bongsor yang di luncurkan PT Astra Honda Motor …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *