Home / Modifikasi / Modifikasi Honda PCX 150

Modifikasi Honda PCX 150

Memodifikasi motor Honda PCX 150 untuk kebutuhan touring memang akan membutuhkan berbagai part atau komponen yang tentunya mendukung aktivitas touring menjadi lebih nyaman aman dan functional. Honda PCX sendiri diketahui merupakan salah satu jenis motor matic atau otomatis yang memiliki kapasitas mesin cukup besar yakni mencapai 150cc yang memang secara riding impressionnya sangat nyaman dikendarai untuk jarak jauh. Honda PCX 150 ini juga banyak digemari pengguna untuk melakukan aktivitas touring karena stabil di tikungan tidak terlalu boros.

gambar modifikasi motor terbaru Honda PCX

Honda PCX 150 mengusung model stang handle bar atau model stang terbuka. Size atau ukurannya sendiri juga memang dipastikan lebih besar dari varian motor matic lainnya, sehingga posisi riding atau mengemudinya sendiri dipastikan akan lebih nyaman karena memiliki lahan pijakan serta jok yang terhitung luas.

pcx-150

Cara memodifikasi Honda PCX 150

Cara memodifikasi Honda PCX 150 untuk kebutuhan touring sendiri sebenarnya tidak membutuhkan banyak rombakan dari kondisi standarnya, karena modifikasi untuk kebutuhan touring sendiri biasanya akan menggunakan part atau komponen plug and play yang mudah di pasang. Hal ini tentunya akan memudahkan pengguna untuk mengembalikan kembali ke kondisi standard apabila sudah bosan atau ingin mengubah aliran modifikasi.

Side Box/ Top Box

Beberapa part aftermarket salah satunya seperti box dan side box yang ditempelkan pada bagian belakang motor dengan menggunakan braket khusus, perlengkapan tersebut dapat dikatakan sebagai komponen wajib bagi para riders yang memang hobi touring terutama dengan jarak yang cenderung jauh. Box ini berguna sekali dan sangat fungsional untuk membawa barang bawaan atau toolkit selama touring. Box untuk motor ini juga terdapat berbagai macam bentuk dan ukuran, ada yang selaras dengan body disisi samping dan ada juga yang menggunakan bracket dipasang di belakang.

honda-pcx-2015

Windshield

Selain itu, pada bagian depan yang biasanya diganti adalah winshield dengan ukuran yang cenderung lebih besar dibandingkan dengan standarnya untuk menahan angin dari arah depan, ada yang berwarna bening dan ada yang berwarna gelap tergantung selera dari penggunanya.

DSCF4516

Shockbreaker

Jika ingin kenyamanan maksimal maka penggantian shock breaker bagian belakang pun dapat menggunakan part aftermarket seperti merk Ohlins, Showa, Sachs, Bitubo, Zelioni, Kayaba, Tanabe, Eibach, Tokico, atau merk ternama dari Thailand YSS dengan line up produknya seperti YSS G Euro XL, YSS XXL atau YSS G Plus.

pcx2

BAN Lebar

Ukuran ban standar All New PCX adalah 90/90/14 untuk depan dan 100/90/14 untuk belakang. Terlihat kurang proporsionalnya ban belakang jika dilihat dari arah belakang. Jika budget masih mencukupi maka komponen seperti ban juga dapat diganti menggunakan ban berkompound soft atau yang lebih empuk, sebut saja dari merek multristrada dengan tipe Corsa, lalu Gajah Tunggal dengan Zeneos tipe Scootz, Bridgestone dengan battlax BT39, FDR dengan Sport XR dan Sport XR Evo, IRC, Federal hingga Michelin dengan tipe Pilot Street.

pcx3

GPS Device

Selain itu, penggunaan part eksternal yang penting dalam ber touring ria adalah GPS dan juga headlamp HID plus angle eyes atau devil eyes pun dapat diaplikasikan. GPS sangat membantu apabila pengguna ingin mencari jalan alternatif untuk menghindari kemacetan ataupun sekedar sebagai penunjuk arah agar tidak tersesat. Berbagai macam GPS yang tersedia dipasaran seperti merk Garmin, Knav, iWare, Wayway, Tom Tom Rider dan lain lain. Harganya pun bervariasi disesuiakan dengan kocek pengguna.

img_3196

Headlamp Unit

Untuk headlamp unit kebanyakan modifikator menggunakan HID Angel Eyes, Demon Eyes atau sekedar lampu HID biasa. Komponen yang digunakan meliputi shrouds chrome double angel eyes, projector high quality high temp, Bohlam HID 4300k / 6000k / 8000k / special colour, balast 35 watt, kabel set relay dan inverter. Berbagai merk yang ada dipasaran dapat membuat pengguna memiliki pilihan yang banyak seperti TYpe R, DIPA, Xenon light, Doop, Yoseki, 9nine dan lain lain.

pcx1

Demikian di atas tadi adalah sedikit ulasan mengenai modifikasi Honda PCX 150 untuk kebutuhan touring yang telah kita kupas bersama, semoga informasi di atas dapat membantu serta dapat bermanfaat untuk anda semuanya.

 

 

 

About Agung Setiono

Check Also

Modifikasi Sederhana Ganti Velg Bikin Xpander Makin Ganteng

Hai Sahabat Otowire kali ini kita mau ngomongin soal modifikasi mobil yang satu ini. Yups, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *